Siasat mendatangkan pengunjung ke situs

Catatan saya kali ini akan membahas kelanjutan traffic generation yang sudah saya tulis kemarin. Sebagai pemula, saya juga merasakan kesulitan luar biasa untuk mempelajari cara mendatangkan traffic ke situs saya, begitu banyak istilah-istilah baru yang belum saya kenal sebelumnya, belum lagi informasi dari satu situs ke situs lainnya juga berbeda, tapi sebenarnya mempunyai intisari yang sama. Maka saya menemukan suatu kesimpulan bahwa belajar bisnis online sangat mengasyikan jika kita benar-benar ingin mendalaminya. Dan ini adalah ilmu, tentu sangat berguna untuk kehidupan saya pribadi suatu saat nanti. Kalau tak berguna kenapa harus memaksakan diri ? Bener tidak ? Ayo, segera dimulai saja…

Ada banyak cara untuk mendatangkan traffic ke situs, namun menurut hemat saya hanya ada 3 cara untuk melakukannya. Ketiga cara itu adalah :

1. Search engine.
Para pakar SEO menjelaskan bahwa cara yang paling ideal dan murah dalam mendatangkan traffic ke situs adalah dengan melalui search engine atau mesin pencari. Ini bukan hanya sekedar pendapat orang-orang yang sudah pakar SEO saja, artinya pendapat ini didukung oleh data yang mengatakan bahwa sekitar 90% lebih pengguna internet memakai jasa mesin pencari untuk menemukan apa yang mereka cari di internet. Dalam bahasa lain, mesin pencari ini seperti gudang penyimpanan milyaran data yang ada di internet. Seseorang yang sudah mengenal fungsi mesin pencari ini, tentu tidak akan membuang waktu percuma untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkannya. Dia hanya perlu membuka gudang penyimpanan miliaran data dengan memakai kata-kata “sakti” (kata kunci), maka dalam sekejap apa yang dibutuhkan akan nampak di depan matanya.

Sehubungan dengan hal itu maka setiap pemilik situs pasti ingin agar situsnya tampil di halaman pertama (10 besar) dari hasil pencarian yang memakai kata kunci tertentu. Oleh karena itu, pemakaian kata kunci yang relevan dengan isi situs sangatlah penting supaya situs kita mendapatkan tempat yang terbaik di hasil pencarian.

2. Berteman dengan situs yang mempunyai traffic tinggi.
Cara kedua untuk mendatangkan traffic bisa dengan melalui situs lain yang mempunyai traffic tinggi. Gampangnya begini, jika kita mempunyai usaha berjualan sepatu, tentunya kita tidak akan mungkin untuk membuka lapak kita di daerah kuburan, tidak akan mungkin ‘kan ? Kita pasti akan menjual sepatu tersebut di tempat yang ramai dikunjungi orang seperti pasar kaget, mall dan lain-lain. Jika kita buka lapak di daerah yang ramai, maka langsung ataupun tidak, pasti akan ada pembeli yang tertarik dan melihat-lihat barang dagangan kita dan dari situ kemungkinan terjadinya penjualan akan makin besar karena ada orang yang sudah mulai tertarik untuk mencoba sepatu dagangan kita.

Di internet, ada banyak tempat ramai seperti pasar kalau di dunia nyata. Facebook, Youtube, Myspace, high traffic forum dan lain-lain adalah tempat yang ramai pengunjungnya. Sekarang terserah kepada kita, kemana kita akan membuka lapak kita supaya “sepatu” dagangan itu bisa dilihat oleh banyak orang dan berharap ada yang membelinya ! Inilah sebenarnya dunia bisnis online, berbisnis di angkasa/dunia maya/tak kasat mata tapi apa yang akan kita lakukan sebenarnya persis sama seperti kita berbisnis di dunia nyata. Makin ramai “toko maya” kita, maka makin besar kemungkinan untuk mendapatkan pembeli dan uangpun akan mengalir ke kantong kita. Eehhmmm, kapan ya bisa seperti ini…?

3. Direct traffic.
Cara ketiga dan terakhir, menurut saya adalah mengarahkan traffic ke situs kita secara langsung. Pelaksanaan cara ini di bagi menjadi 2 kelompok besar yaitu yang gratis dan yang berbayar. Kita bisa mengiklankan situs kita melalui media iklan yang ada di internet, ada situs yang menyediakan ruang untuk promosi secara gratis dan ada situs yang menarik sewa jika ada yang berminat menyewa ruang di situs mereka. Jadi sekarang terserah kita mana yang lebih menurut kantong kita, apakah yang gratis ataukah yang berbayar. Tapi tujuan pengiklanan itu adalah pasti yaitu upaya mendatangkan traffic ke situs kita.
Free website counter