Kerjanya berat tapi dibayar murah, mau?

Sudah 2 bulan ini aku jadi member dari semacam broker PTR yang cara daftar dan persetujuannya tidak butuh syarat yang aneh-aneh. Artinya broker yang satu ini hanya memerlukan data-data kita saja sewaktu pendaftaran, jadi singkatnya kalau kita mau gabung harus mengisi form layaknya kalau kita mau gabung ke suatu forum.

Untuk job yang tersedia di broker ini cukup banyak, sekitar 50 - 60 job, jadi kalau kita mampu mengerjakannya semua maka hal tersebut diperbolehkan oleh aturan broker ini. Namun yang perlu diingat adalah kita harus mempunyai blog (sembarang bahasa) yang sudah ber-PR minimal 2 untuk dapat mengerjakan job-job yang membutuhkan review.

Atau kalau kita tidak punya blog, maka ada job jenis lain seperti kita harus melakukan "posting komentar" di sebuah forum dengan meletakkan "link" dari si pengiklan/pemberi job, setelah di cek dan benar mengerjakannya maka kita akan dibayar. Ada juga job yang berupa join di suatu komunitas tertentu maka kita akan dibayar. Ya, hanya join saja ! Kita akan dibayar. Job semacam ini biasanya dibayar $0,3 - $0,4 per job.

Namun lepas dari segala "kemudahan" itu semua, bayaran yang kita terima tidaklah besar. Contohnya untuk menulis sebuah review dengan minimal 400 kata (bhs Inggris) kita hanya mendapat bayaran $1,5 (maksimal !). Capek ga, kalau sudah gini ?! Broker ini memang menampung para pengiklan yang "lemah modal" sehingga "pelit" mengeluarkan uangnya untuk para publisher-nya. Aku sendiri sangat "memilih" untuk mengerjakan job review, kalau bayaran sekitar $0,8 dengan jumlah kata 50-an, maka aku akan mengerjakannya, tapi kalau lebih dari itu, ya mohon maaf aja...

Buat temen-temen yang ingin belajar membuat review, maka broker ini aku rekomendasikan untuk diikuti, ya hitung-hitung cari "jam terbang". Namun jangan terlalu semangat ya, lihat-lihat dulu job yang akan dikerjakan, sesuai enggak dengan kerja kita. Jadi be smart gitu loh.

Keep monetize your blog !
Free website counter